info

Jumat, 04 Maret 2016

Pertumbuhan dan Reproduksi Jamur atau Fungi


Reproduksi Jamur
Pertumbuhan dan Reproduksi Jamur atau Fungi

Jamur atau Fungi memiliki 2 cara untuk bereproduksi yaitu Reproduksi jamur dapat secara seksual (generatif) dan aseksual (vegetatif).

Perkembang biakan jamur secara Aseksual, jamur menghasilkan spora. Bentuk dan ukuran Spora jamur berbeda-beda dan biasanya uniseluler, tetapi adapula yang multiseluler.

Apabila kondisi habitat sesuai, maka Jamur atau Fungi memperbanyak diri dengan cara memproduksi sejumlah besar spora aseksual. Spora aseksual dapat terbawa air atau angin. Bila mendapatkan tempat yang cocok, maka spora akan berkecambah dan tumbuh menjadi jamur dewasa. 

Kontak Gametangium dan Konjugasi dilakukan pada Reproduksi Jamur atau Fungi secara seksual.

Pada kontak Gametangium mengakibatkan terjadinya singami, yaitu persatuan sel dari dua individu. Proses yang terjadi pada Singami ada dua tahap, tahap pertama adalah plasmogami (peleburan sitoplasma) dan tahap kedua adalah kariogami (peleburan inti).

Setelah Plasmogami terjadi, inti sel dari masing-masing induk bersatu tetapi tidak melebur dan membentuk dikarion. Pasangan inti dalam sel dikarion atau miselium akan membelah dalam waktu beberapa bulan hingga beberapa tahun. Akhimya inti sel melebur membentuk sel diploid yang segera melakukan pembelahan Meiosis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mobi info

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

info syn

=======

Visitor

Flag Counter