Hewan Vertebrata ( Bertulang Belakang )


Vertebrata adalah subfilum dari Chordata, mencakup semua hewan yang memiliki tulang belakang yang tersusun dari vertebra. Vertebrata adalah subfilum terbesar dari Chordata. Ke dalam vertebrata dapat dimasukkan semua jenis ikan (kecuali remang, belut jeung, "lintah laut", atau hagfish), amfibia, reptil, burung, serta hewan menyusui. Kecuali jenis-jenis ikan, vertebrata diketahui memiliki dua pasang tungkai. Vertebrata memiliki sistem otot yang banyak terdiri dari pasangan massa, dan juga sistem saraf pusat yang biasanya terletak di dalam tulang belakang. Sistem respirasi menggunakan insang atau paru-paru. 

Klasifikasi ilmiah Vertebrata
Domain:     Eukarya
Kerajaan:     Animalia
Filum:     Chordata
Upafilum:     Vertebrata
Cuvier, 1812
(Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Vertebrata)

Adapun jenis hewan yang memiliki tulang punggung ini dibagi lagi kedalam beberapa klasifikasi atau golongan yaitu:

 Hewan-hewan yang tergolong dalam Vertebrata dibagi lagi menjadi beberapa jenis yakni :

1. Aves ( Burung), yaitu Kelompok hewan yang bisa terbang, hewan Aves atau Burung ini memiliki bulu yang menutupi tubuhnya dengan alat gerak berupa kaki dan sayap. Cotohnya : Burung Merpati, Kutilang, Elang, Camar, Nuri, Beo, kakatua, cendrawasih dll.

Meskipun kelompok Aves sering disebut sebagai hewan yang bisa terbang, ada beberapa jenis hewan yang tergolong dalam kelompok Aves tetapi tidak bisa terbang seperti Ayam, Bebek, Angsa dan Kalkun.

2. Pisces ( Ikan), yaitu Kelompok hewan yang hidup didalam air, bernafas dengan insang dengan alat gerak berupa sirip dan berkembang biak dengan cara bertelur. 
Contohnya jenis jenis Ikan sperti, Gurame, kakap, Tenggiri, Mujair, Hiu dll

3. Amphibia (Ampfibi), yaitu Kelompok hewan yang dapat hidup di dua alam yang berbeda (darat dan air), berdarah dingin (tidak dapat mengatur suhu badan sendiri) dan bernafas dengan paru-paru. 
Contoh Hewan Amfibi seperti Katak, Salamander dan kadal air.

4. Reptilia (Reptil) adalah Kelompok hewan melata yang berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutup tubuhnya. Contoh: buaya, kadal dan ular.

5.  Mamalia (Hewan menyusui), yaitu Kelompok hewan yang memiliki kelenjar susu pada betina yang berfungsi untuk menghasilkan susu sebagai sumber makanan anaknya, adanya rambut. Hewan Mamalia pada umumnya adalah hewan yang endoterm atau berdarah panas dan bereproduksi secara kawin. Hewan Menyusui atau Mamalia ini ada yang hidup di darat dan ada juga hidup di air. 
Contoh Hewan Mamalia yang hidup di darat seperti Sapi, Domba, Monyet, Rusa, Kuda dan Gajah. Sedangkan Hewan Mamalia yang habitatnya di air seperti Paus, Lumba-lumba dan Duyung.



 
Info:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jamur Divisi Oomycotina

Tumbuhan Talus (Divisi Thallophyta)

Tumbuhan Belah (Divisi Schyzophyta)