info

Rabu, 28 November 2012

Virus Rota



Virus Rota adalah penyebab utama penyakit diare berat yang sering terjadi pada bayi dan anak, yang menimbulkan dehidrasi. sehingga bayi dan anak megalami kekurangan cairan tubuh yang berakibat fatal.
Hampir semua anak di dunia pernah mengalami penyakit yang berasal dari ulah Virus Rota  ini.Usia anak yang sering mengalami gangguan penyakit ini rata rata berusia 3-5 tahun.

Virus Rota didalam tubuh berkembang yang menyebabkan infeksi pertama setelah usia 3 bulan umumnya paling parah dan akan terjadi infeksi ulangan yang biasanya terjadi kapan saja.

Pada suatu penelitian pada kasus diare akut yang banyak terjadi pada anak anak di Indonesia, 
Menunjukan keadaan 60% pasien rawat inap dan 41 % pasien rawat jalan positif yang di akibatkan oleh Virus Rota.

Virus Rota disebarkan melalui fases dari anak anak yang terinfeksi virus Rota,  melalui jalur fekal-oral. Fekal Oral  yaitu cara penyebaran virus dari anak yang terinfeksi  ke anak lainnya yang rentan dengan infreksi virus melalui mulutnya. Virus Rota memmpunyai sifat yang sangat menular, Pada anak anak yang terinfeksi Virus Rota ini dapat mengeluarkan hingga 100 milyar partikel virus dalam setiap fasesnya. Untuk dapat membuat infeksi pada tubuh anak Virus Rota hanya dibutuhkan 10 partikel virus.
Anak anak yang terkena Diare Virus Rota akan mengalami gejala gejala sebagai berikut:

      - Muntah
      - Demam
      - Dehidrasi

Gejala gejala tersebut terjadi lebih banyak dari gejala gejala pada umumnya, serta membutuhkan asupan cairan infus dan perawatan intensif di rumah sakit, dibandingkan dengan Diare yang bukan disebabkan oleh Virus Rota.


1. Selalu menjaga higiene yang baik seperti : mencuci tangan dan menjaga kebersihan, meski hal ini tidak cukup perlu tindakan pencegahan lainnnya.

2. Menberikan Vaksin Virus Rota sangat efektif dalam mencegah terjadinya infeksi penyakit akibat dari Virus Rota yang disertai dengan diare dan gejala gejala lainnya.

3. Pemberian Vaksin dini yang menyerupai infeksi alami pada bayi akan mencegah sebagian besar penyakit Virus Rota yang berat.

Pemberian Vaksin Virus Rota secara substansial mampu menurunkan angka pesakitan atas kematian akibat penyakit Virus Rota di asia.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mobi info

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

info syn

=======

Visitor

Flag Counter